Query Membuat dan Menghapus Table MySQL/MariaDB (CREATE & DELETE)

Pada artikel sebelumnya kita telah membahas bagaimana cara membuat, menampilkan, membuka dan menghapus database di mysql/mariadb, kali ini kita akan belajar membuat table dalam database MySQL menggunakan query. Tentunya dalam pembuatan table kita bisa menggunakan database manager tanpa harus membuat query yang panjang namun sebagai bahan pembelajaran kali ini kita akan menggunakan query agar teman-teman dapat memahami cara penggunaan query. Bagi teman-teman yang masih belum paham mengenai database manager bisa lihat dalam artikel ini Rekomendasi Database Manager Untuk Mengelola MySQL/MariaDB.

Membuat Table database MySQL/MariaDB

Query yang akan kita gunakan adalah: CREATE table, SHOW tables, DESCRIBE tabel, dan DROP table.

Kita akan mengakses MySQL Server menggunakan MySQL Client melalui command line client, tutorialnya telah kita bahas pada Tutorial Menjalankan MySQL/MariaDB Client melalui CMD

Langkah awal dalam pembuatan table dalam database kita harus memiliki database terlebih dahulu. Dalam pembahasan kali ini penulis akan menggunakan nama database db_fixcoding. Apabila teman-teman ingin menggunakan nama database yang berbeda diperbolehkan.

Jika belum mempunyai database langkah awal kita harus menjalankan query membuat database sebagai berikut:

CREATE DATABASE db_fixcoding;

Untuk mengecek apakah database sudah ada dalam list

show databases;

lalu gunakan database yang sudah kita buat agar kita bisa membuat table didalam database tersebut

use db_fixcoding;

Hasil dari query diatas adalah Kita telah berhasil membuat dan menggunakan database db_fixcoding. Bagi teman-teman yang sudah memiliki database boleh melewatkan query diatas.

Sebelum kita kita menjalankan query pembuatan table kita harus menentukan isi dari table tersebut yang nantinya akan kita tentukan masing-masing Judul/ Field dan Tipe Data yang akan digunakan dalam table, Untuk pembahasan lebih mendalam mengenai Tipe Data baca disini pengenalan Tipe Data String dan Integer MySQL, Sebagai bahan pembelajaran penulis akan menetukan isi dari table yang akan kita buat seperti table dibawah ini

Nama Table : data_anggota

Nama Kolom/Field : No_Anggota, Nama, Jabatan, Gaji

Berdasarkan Table diatas kita dapat menyimpulkan tipe data apa saja yang akan kita gunakan sebagai berikut:

  1. No_Anggota : Char (9), Meskipun isi dari table berupa angka, namun angka tersebut tidak kita gunakan dalam perhitungan (tambah,kurang,bagi,kali), Sehingga kita akan menggunakan tipe data  string didefinisikan sebagai char (karakter) dalam MySQL.
  2. Nama : Char (25), berisi kumpulan karakter huruf, maka akan kita buat dengan tipe data string.
  3. Jabatan : Char (25), juga berisi kumpulan karakter huruf, maka akan kita buat dengan tipe data string.
  4. Gaji : Bigint, berisi angka yang sudah pasti kedepannya kita akan menggunakan angka gaji tersebut dalam perhitungan (tambah,kurang,bagi,kali), maka tipe data yang paling tepat adalah Integer, tipe data integer yang kita gunakan adalah bigint dikarnakan perhitungan total gaji mungkin akan sangat besar jika kita gunakan dalam perhitungan mingguan,bulanan, bahkan tahunan. jangkauan tipe data bigint adalah 0 to 18,446,744,073,709,551,615 mungkin sudah sangat cukup menampung data perhitungan gaji.

Selanjutnya kita akan menjalankan query pembuatan table dalam database db_fixcoding dengan nama data_anggota berikut dengan tipe datanya masing-masing sebagai berikut:

create table data_anggota (No_Anggota char(9), Nama char(25), Jabatan char(25), Gaji bigint);

Penamaan kolom tidak boleh mengandung spasi, jika memang harus dipisah agar enak dibaca gunakan tanda (_) seperti contoh data_anggota , no_anggota.

pada tipe data char(9)/char(25), Angka 9 dan 25 merupakan angka yang kita gunakan untuk membatasi jumlah karakter yang bisa ditampung dalam table tersebut, sejatinya kita harus sedapat mungkin kita menggunakan tipe data paling kecil, mengantisipasi besarnya ukuran dari database data sedapat mungkin pada awal pembuatan database.

Untuk mengecek deskripsi table apakah sudah benar gunakan query desc sebagai berikut:

desc data_anggota;

Hasil dari query diatas

Dari hasil query, dapat terlihat semua kolom serta tipe dari setiap kolom tersebut sudah sesuai dengan query yang kita buat. untuk menambahkan atau memasukan isi dari table tersebut kita akan menggunakan query (INSERT) yang akan kita bahas di tutorial lanjutan.

Cara Menghapus Table MySQL/MariaDB

Setelah kita berhasil membuat sebuah table dan menentukan Judul/ Field dan Tipe Data yang kita gunakan, adakalanya kita salah membuat table atau table tersebut sudah tidak kita gunakan lagi, maka menghapusnya adalah hal yang tepat agar sebuah database tidak perlu dibebankan memory dari table yang sudah tidak diperlukan lagi, agar database dapat perjalan dengan optimal.

Lalu bagaiaman cara menghapusnya? Berikut ini query untuk menghapus table sebagai berikut:

pertama kita harus menentukan nama database yang isinya adalah table yang ingin kita hapus, kita harus menggunakan query use untuk memilih / menggunakan / membuka database tersebut:

use db_fixcoding;

lalu lihat apakah isi dari database yang kita gunakan terdapat table yang ingin kita hapus dengan query show sebagai berikut:

show tables;

Jika kita sudah menemukan table yang ingin kita hapus langkah terakhir adalah menjalankan query drop table sebagai berikut:

drop table data_anggota;

Hasil dari query diatas

Dari hasil query diatas kita telah menjalankan query drop table untuk menghapus table bernama data_anggota dan setelah dicek menggunakan query show tables hasilnya adalah kosong yang menandakan kita telah berhasil menghapus table tersebut.

Demikianlah pembahasan artikel tentang Query Membuat dan Menghapus Table MySQL (CREATE & DELETE). selanjutnya kita akan membahas lebih dalam mengenai Tipe Data dalam artikel pengenalan Tipe Data String dan Integer MySQL.

semoga artikel ini dapat membantu serta bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *