Belajar Bahasa Pemrograman C++ Pemula

Bahasa Pemrograman C++ menjadi salah satu bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan hingga saat ini. Sejak di rilis pertama kali tahun 1985 oleh Bjarne Stroustrup, C++ berkembang menjadi multi purpose programming language yang bisa dipakai untuk membuat berbagai aplikasi, terutama aplikasi desktop.

Bahasa C++ sendiri adalah pengembangan dari bahasa C yang sudah lebih dulu populer. Salah satu perbedaan mendasar antara bahasa C dan C++ ada di dukungan ke pemrograman berbasis object (object oriented programming). Bahasa C++ sudah mendukung pemrograman berbasis object (OOP) yang penting untuk membuat aplikasi yang lebih kompleks.

Bahasa C++ juga menginspirasi banyak bahasa pemrograman lain, terutama C#JavaPHP dan JavaScript. Jika anda sudah mempelajari bahasa C++, akan sangat mudah beralih ke bahasa pemrograman tersebut.

Bersama Pascal dan CC++ menjadi salah satu bahasa favorit untuk belajar dasar pemrograman dan algoritma. Hampir semua kampus-kampus IT selalu mempelajari pelajari bahasa C++, terutama pada semester awal.

Di luar fungsinya untuk belajar pemrograman dasar, penerapan bahasa C++ yang paling menonjol ada di game programming, yakni bahasa pemrograman yang dipakai untuk membuat game.

Game engine seperti Unreal EngineUnityCryEngine, atau Construct. menggunakan bahasa C++ sebagai bahasa pengantar. Maka jika anda berniat menjadi seorang game programmer, C++ menjadi awal yang paling pas.

Selain itu C++ juga cocok dipakai untuk membuat aplikasi yang perlu banyak mengakses hardware seperti di perangkat IoT (Internet of Things), embedded system, hingga membuat aplikasi desktop berbasis grafis, terutama saat digabung dengan Microsoft Visual Studio.

Didalam materi ini kita akan mulai membahas satu-persatu Pembelajaran Bahasa Pemrograman C++ Pemula:

Apa itu Bahasa Pemrogramman C++?

Untuk materi awal pembelajaran pemromgraman C++, pertama kita harus mengetahui apa itu bahasa pemrograman C++, Sejarah bahasa C++, Mengapa harus belajar C++.

Part 1 : Pengertian Bahasa Pemrograman C++

Part 2 : Perbedaan Paradigma Pemrograman antara C dan C++.

Instalasi Aplikasi Untuk Menjalankan Bahasa C++

Dalam sesi ini kita akan membahas tentang cara menginstall compiler bahasa C++. Kita akan download aplikasi IDE Borland C++ dan mempelajari cara penggunaannya:

Part 3: Cara Instalasi dan Panduan Singkat Penggunaan Borland C++.

Struktur Dasar Bahasa Pemrograman C++.

Bagian ini akan membahas lebih dala tentang struktur dasar bahasa C++, termasuk pengertian variabel, konstanta, hingga cara penggunaan perintah cout dan cin. Aturan penulisan sebuah bahasa pemrograman dikenal juga dengan istilah syntax.

Part 4: Aturan dalam Penulisan Bahasa Pemrograman C++

Part 5: File Header Beserta Fungsinya Pada Bahasa Pemrograman C++

Part 6: Menjalankan Dan Menganalisa Error Bahasa Pemrograman C++

Part 7: Berbagai Jenis Tipe Data dalam Bahasa Pemrograman C++

Part 8: Berbagai Jenis Operator dalam Bahasa Pemrograman C++

Part 9: Kondisi Percabangan IF ELSE dalam Bahasa Pemrograman C++

Part 10: Kondisi Perulangan/Looping dalam Bahasa Pemrograman C++.

Latihan Membuat Program Sederhana dalam Bahasa Pemrograman C++

Pada sesi ini akan ada banyak latihan program sederhana agar kita semakin lancar dalam memahami bahasa pemrograman C++

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *